Posted by : Unknown Oktober 05, 2013

          Saat mengelilingi stand mading peserta, kami mampir ke salah satu stand mading yaitu MAN Kandangan. Kedatangan kami disambut baik oleh kru. Sambutan ini adalah salah satu hal yang membuat kami terkesan.

          MAN Kandangan membawa tema kebudayaan Indonesia, salah satunya adalah Wayang. Alasan mereka memilih wayang sebagai tema adalah karena wayang merupakan salah satu budaya Indonesia yang menjadi budaya tertinggi di dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO.
          Hal yang membuat kami merasa tertarik dari mading MAN Kandangan adalah sebuah kotak yang bersusun dua. Dari luar kotak bagian bawah terpancar gambar-gambar para tokoh wayang seperti Punokawan. Sedangkan kotak bagian atasnya terpancar bintang-bintang kecil yang terlihat sangat menarik. Kotak tersebut memancarkan cahaya lampu berwarna kuning. Di dalam kotak tersebut adalah botol-botol mineral yang sudah tidak terpakai dan kemudian di bentuk menjadi bentuk-bentuk wayang dan bintang.
          Ditengah-tengah pengamatan kami, kami mendengar suara-suara “Gending Jowo” disekitar mading tersebut. Saat kami bertanya pada kru mading yang menemani kami, ternyata gending jowo itu berasal dari kotak kardus yang di bungkus rapi dengan ornamen batik. Didalam kotak tersebut ada sebuah sound system kecil. “Itu berasal dari lab computer sekolah kami. Kebetulan sound system tersebut sudah tidak terpakai dan rusak. Kemudian kami perbaiki lagi. Hitung-hitung memanfaatkan barang bekas agar berfungsi kembali” ujar cowok manis, salah seorang kru yang masih duduk di kelas XI.
          Ada lagi hal yang menarik di mading tersebut, yaitu gambar dua dimensi wayang tokoh Punokawan yang di buat berdiri. Saat kami tanya mengapa memilih tokoh Punokawan bukan tokoh Pandawa, cowok manis tadi tersenyum. Alasan untuk tidak memilih tokoh Pandawa melainkan Punokawan adalah karena tokoh Punokawan lebih menonjol dari tokoh wayang yang lainnya. Mereka memiliki karakter yang unik-unik. Chayoo MAN Kandangan!! J

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

^_^ Copyright © 2012-2013 Bow KSC-7 | Powered by Blogger | Designed by Johanes Djogan | Redesign by Setyawan Umar ^_^