Posted by : Unknown Oktober 01, 2013
Tag :

          Mungkin sudah banyak yang sering mendengar kata jurnalis blog. Tapi bagaimana dengan pengertian jurnalis blog itu sendiri? Sudah tahukah anda? Check this out!...
          Jurnalis blog berasal dari dua kata, yaitu Jurnalis dan Blog. Jurnalis mempunyai pengertian yaitu profesi atau penamaan seseorang yang pekerjaannya berhubungan dengan isi media massa. Jurnalis sendiri meliputi kolumnis, penulis lepas, fotografer dan desain editorial. Tetapi pada kenyataan referensi penggunaanya, istilah jurnalis lebih mengarah pada wartawan (id.wikipedia.org/wiki/wartawan). Sedangkan Blog merupakan singkatan dari Web Blog yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan dari si pengguna blog tersebut (id.wikipedia.org/wiki/blog).
          Dari ulasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Jurnalis Blog adalah seseorang kolumnis, penulis lepas, fotografer, desain editorial atau biasanya wartawan yang menggunakan blog sebagai media untuk mempublikasikannya kepada khalayak.
          Seorang jurnalis blog haruslah orang yang kreatif. Mengapa?... Karena kemenarikan berita dalam sebuah blog tak hanya dilihat dari segi isi berita, namun juga tampilan blog itu sendiri. Semakin menarik tampilannya semakin tertarik pula seseorang untuk mengunjungi blog dan membaca beritanya. Meskipun demikian, berita yang dimuat di dalam blog tetap harus memperhatikan syarat-syarat penulisan berita, yaitu faktual, aktual, lengkap (informasinya tidak setengah-setengah) dan yang paling penting adalah obyektif atau apa adanya.
          Akhir-akhir ini, banyak bermunculan kompetisi jurnalis blog. Faktor yang membuat jurnalis blog banyak dikompetisikan adalah adanya peralihan minat pembaca berita dari media cetak ke media elektronik. Salah satu contoh kompetisi jurnalis blog adalah yang diadakan oleh Radar Kediri dalam event KSC setiap tahunnya. Dalam kompetisi Jurnalis Blog KSC terdiri dari 3 unsur, yaitu blogger, jurnalis dan fotografer. Ketiga unsur tersebut tergabung dalam satu tim jurnalis blog yang bertugas meliput jalannya KSC-VII pada tanggal 4-6 Oktober mendatang.

{ 6 komentar... read them below or Comment }

  1. brrti sama aja dengan writers blog y sob,
    mungkn itu utk bhasa yg lbih formal`,
    :)

    BalasHapus
  2. keren gan infonya, saya juga ingin jadi jurnalis blog, kalo ini blog saya aldirahmanuntoro.blogspot.com, thanks infonya

    BalasHapus
  3. ya ya skarang ane ngerti gan.. :D

    BalasHapus

^_^ Copyright © 2012-2013 Bow KSC-7 | Powered by Blogger | Designed by Johanes Djogan | Redesign by Setyawan Umar ^_^